7 Manfaat Integrasi Teknologi di Bidang Pendidikan

teknologi

Masa depan sistem pendidikan secara praktis ditentukan oleh perkembangan teknologi. Beberapa pendidik dan pakar menentang tren penerapan alat dan aplikasi EdTech di setiap aspek sistem sekolah, terutama karena teknologi merupakan sumber gangguan bagi siswa. Namun, integrasi teknologi yang tepat memandu siswa menuju pemahaman yang lebih besar tentang semua konsep yang tercakup dalam kelas.

Keunggulan Οf Integrasi Teknologi Ιn Τhe Pendidikan Sphere

Strategi pengajaran berbasis teknologi pendidikan dapat digambarkan sebagai praktik etika yang memfasilitasi pembelajaran siswa dan meningkatkan kapasitas, produktivitas, dan kinerja mereka. Integrasi teknologi dalam pendidikan mengilhami perubahan positif dalam metode pengajaran di tingkat internasional. Apakah Anda masih bertanya-tanya apakah Anda harus mulai mengandalkan aplikasi dan alat yang berbeda? Daftar manfaat berikut akan membantu Anda sampai pada kesimpulan akhir.

1. Teknologi membuat pengajaran menjadi mudah!

Tidakkah kamu bosan memberikan penjelasan teoretis yang tidak dapat dimengerti oleh murid-muridmu? Anda tidak bisa menemukan cara untuk menyajikan konsep sulit yang membuat konsep ini jelas bagi setiap siswa di kelas. Teknologi memiliki kekuatan itu! Berkat presentasi audio visual, siswa Anda akan mengerti dengan tepat bagaimana pengetahuan diterapkan dalam praktik. Anda dapat menggunakan proyektor dan presentasi komputer untuk memberikan semua jenis pelajaran atau instruksi dan meningkatkan tingkat pemahaman di dalam kelas.

2. Teknologi membantu Anda melacak kemajuan siswa!

Anda tidak lagi terbatas pada buku harian kuno dan catatan tentang setiap siswa. Itu hanya akan membuat Anda bingung. Hari ini, Anda dapat mengandalkan platform dan alat yang memungkinkan Anda melacak pencapaian individu siswa Anda. MyStudentsProgress dan theTeacherCloud Progress Tracker adalah alat online hebat yang memungkinkan Anda melakukannya, namun sekolah Anda juga dapat mengembangkan perangkat lunak pribadi yang sesuai dengan tujuan itu.

3. Teknologi pendidikan bagus untuk lingkungan!

Dapatkah Anda membayangkan jumlah kertas dan jumlah pohon yang akan diselamatkan jika setiap sekolah memutuskan untuk mengenalkan buku teks digital? Tentu saja, tujuan itu jauh dari realistis pada saat ini, tapi Anda bisa membuat perubahan saat memulai dari kelas Anda sendiri.

Misalnya, Anda dapat menginstruksikan siswa Anda untuk mengikuti tes online dan mengirimkan makalah dan pekerjaan rumah mereka melalui email. Anda juga dapat mendorong mereka untuk menggunakan eReader untuk membaca literatur yang Anda berikan.

4. Berkat teknologi, siswa senang belajar!

Siswa kecanduan Facebook, Pinterest, Instagram, Digg, dan situs lainnya sejak usia dini. Internet dapat mengalihkan perhatian mereka dari proses belajar, tapi Anda juga dapat menggunakan kecenderungan mereka untuk meluangkan waktu secara online untuk tujuan yang baik: Membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. Gunakan teknologi layar sentuh dan presentasi online untuk membuat kelas lebih interaktif. Anda juga bisa mengandalkan teknologi saat Anda ingin siswa Anda ikut serta dalam diskusi. Siapkan grup Facebook pribadi untuk kelas Anda dan berikan inspirasi percakapan konstruktif!

5. Teknologi membuat pembelajaran jarak jauh lebih mudah diakses dari sebelumnya!

Tanpa keajaiban internet, orang tidak akan bisa mendapatkan akses ke jenis informasi apapun pada saat mereka memikirkannya. Saat ini, pembelajaran jarak jauh adalah salah satu metode pembelajaran yang paling trending. Pelajaran virtual perlahan menggantikan kuliah tradisional.

Siswa dapat mengatur waktu mereka dengan cara yang sesuai untuk mereka, dan mereka dapat dengan mudah memperoleh pengetahuan yang mereka minati. Misalnya, katakanlah salah satu siswa Anda menunjukkan minat yang besar terhadap Astronomi, namun kurikulum tradisional tidak memberi makan kelaparan itu. Untuk pengetahuan Anda dapat merekomendasikan dia untuk mengikuti kursus pemula di Coursera, Udemy, atau layanan online lainnya yang menawarkan ceramah virtual berkualitas tinggi.

6. Siswa dan guru dapat mengakses informasi setiap saat!

Ini mungkin manfaat teknologi yang paling nyata. Ketika guru sekolah tua adalah siswa, mereka harus menghabiskan waktu berjam-jam di perpustakaan untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Saat ini, integrasi teknologi membuat segalanya berbeda dan sederhana.

Siswa dapat dengan mudah mengakses koran, artikel ilmiah, studi, dan jenis konten lainnya secara online. Mereka bisa menulis lebih baik, makalah akademis yang lebih dalam karena mereka dapat mendukung argumen mereka dengan lebih banyak bukti. Bila Anda memberi ceramah, siswa tidak mengerti, mereka dapat menemukan petunjuk dan informasi yang lebih sederhana dengan satu pencarian Google.

7. Teknologi membuat kolaborasi lebih efektif!

Pikirkan bagaimana kolaborasi terlihat seperti di lingkungan kelas tradisional. Anda mengatur kelompok, menugaskan proyek, dan tiba-tiba kelas menjadi berantakan total. Beberapa siswa mengungkapkan pendapat mereka terlalu keras dan tegas, sementara yang lain tidak mendapat kesempatan untuk didengar. Alat dan aplikasi online menawarkan setelan unik bagi siswa untuk terlibat dalam proyek kelompok. Mereka bisa melakukan pekerjaan dari rumah; Tim terhubung melalui internet dan semua orang terinspirasi oleh lingkungan yang terfokus.

Jangan Meremehkan Kekuatan Teknologi

Anda tidak memiliki kesempatan untuk dipanggil “guru yang keren” jika Anda terus mengabaikan penggunaan teknologi pendidikan di kelas. Manfaat dari integrasi teknologi yang dijelaskan di atas harus meyakinkan Anda tentang fakta bahwa bentuk pendidikan ini bagus untuk siswa dan guru.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *