Proses Perkemabngan Janin pada Minggu-Minggu Awal Kehamilan

perkembangan janin dari minggu ke minggu

perkembangan janin dari minggu ke minggu

Bagi seorang orang tua khususnya ibu saat mengetahui tentang dirinya yang tengah mengandung tentun menjadi berita yang sangat membahagiakan. Apalagi jika kehamilan yang dialami merupakan kehamilan pertama atau yang sudah lama dinanti-nantikan.

Untuk itu dalam menyambut calon buah hatinya segala macam persiapan dilakukan dengan sebaik-baiknya. Selain itu sang ibu juga tidak lupa untuk bisa mengetahui bagaimana perkembangan janin dari minggu ke minggu karena dengan begitu ia akan merasa selalu dekat dengan buah hatinya.

Pada awal perkembangan janin dalam perut ibu mengalami berbagai proses perkembangan yang membuat janin siap untuk dilahirkan pada saatnya nanti. Lalu untuk proses perkembangan janin dari minggu ke minggu terutama pada awal kehamilan berikut ini secara ringkasnya kami tuliskan untuk anda.

Minggu ke 1 dan 2, pada minggu ini belum ada pembuahan karena masih tahap awa yaitu bertemunya sel sperma dan sel telur dalam rahim ibu. Dari sekitar 5 juta sel sperma yang menuju sel telur hanya satu saja yang bisa menembus indung telur untuk membuahi sel telur. Setelah itu baru di minggu ke dua terjadi pembuahan dengan proses sel telur yang membelah setelah 30 jam di buahi. Pembuahan yang terus menerus terjadi sel telur juga bergerak menuhu lubang falopi menuju rahim.

Minggu ke 3 dan 4, untuk minggu ini kebanyakan ibu mungkin belum sadar telah mengandung, karena sel telur yang telah membelah mencapai ratusan ini ukurannya sangat kecil sekitar 0,1-0,2 mm. Selanjutnya diakhir minggu ke 4 pembuahan yang terjadi mulai memproduksi hormon kehamilan yang membuat anda bisa mengetahui kehamilan saat melakukan test.

Minggu ke 5 dan 6, pada minggu ke 5 terbentuk lapisan-lapisan seperti ectoderm, medoderm, dan endoderm. Lapisan-lapisan tersebut nantinya membentuk bagian-bagian tubuh seperti otak, organ jantung, usus, hati, dan yang lainnya. Sementara itu untuk minggu ke 6 nya ukuran pada embrio sekitar 2-4 mm dengan perkembangan janin pada jantung mulai berdetak serta sistem pencernaan dan pernafasannya mulai dibentuk. Selain itu juga mulai terbentuk pucuk-pucuk kecil yang nantinya akan menjadi lengan atau kaki.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *